- Aspal Otomotif - Selamat datang sahabat otomotif dan Aspal Otomotif! Kali ini Aspal Otomotif akan membagikan postingan otomotif terbaru lagi yang tidak kalah menarik dari postingan sebelumnya. Pada postingan kali ini dengan berjudul Komponen, Fungsi, dan Cara Kerja Pedal Gas pada Kendaraan, silahkan bagikan postingan ini jangan biarkan sahabat otomotif lain tidak tahu. Ayo langsung saja disimak baik-baik postingannya!
Pedal gas pada mobil berfungsi untuk mengontrol putaran mesin, putaran mesin diatur dan disesuaikan dengan sudut injakan pedal oleh pengemudi.
Teknologi pedal gas terbaru yang umum akhir-akhir ini adalah ETC (Electronic Throttle Control), namun sebelum mempelajarinya, sistem konvensional dari pedal gas lebih utama untuk dipelajari, karena ini merupakan dasar dari pengembangan teknologi pedal gas.
Berikut ini merupakan penjelasan tentang bagaimana cara kerja pedal gas pada mobil.
Sebuah mobil mungkin memiliki 2-4 pedal. Pengaturan ini adalah sama untuk kedua lalu lintas kanan dan kiri. Throttle (dikenal sebagai "akselerator" atau "pedal gas"), mengontrol bahan bakar dan pasokan udara ke mesin mobil.
Beberapa kendaraan memiliki pedal rem parkir bukannya tuas rem tangan. Pedal dapat berupa "menggantung" dari firewall (sekat) atau "berdiri" di lantai.
Karena kaki kanan biasanya digunakan (untuk akselerator atau rem) tidak ada foot rest di sebelah kanan, bahkan di mobil dengan cruise control. Kaki kiri hanya untuk mengoperasikan kopling sebentar-sebentar (atau tidak memiliki fungsi dalam kendaraan otomatis) jadi kadang-kadang istirahat-kaki (foot rest) disediakan di sebelah kiri pedal. Beberapa pengemudi berlatih pengereman dengan kaki kiri, namun telah terbukti sulit untuk melatih kaki kiri untuk terampil menekan pedal rem sehingga membawa kendaraan untuk berhenti halus, melainkan hasilnya biasanya berhenti mendadak.
Banyak mobil sekarang termasuk pedal dengan penyesuaian listrik, iterasi modern sistem penyesuaian manual yang tersedia secara sporadis sejak 1950-an.
Kendaraan berat pada trek roda tank seperti buldoser atau tank mungkin memiliki dua pedal rem, karena sisi kiri dan kanan masing-masing trek roda tank. Kendaraan ini tidak memiliki pedal kopling tapi dua tuas dioperasikan secara manual, cengkeraman dan rem digunakan untuk kemudi diferensial.
Dalam buldoser, pedal gas beroperasi dengan cara yang berlawanan dengan mobil, pedal tertekan = throttel tertutup, dilepaskannya pedal = throttle terbuka penuh.
Sebuah wheel tractor-scraper bermesin kembar memiliki dua pedal gas di samping satu sama lain, satu untuk mesin depan dan satu untuk mesin belakang.
Home
accelerator pedal
Bensin
buldoser
cara kerja
cruise control
Diesel
ETC
Fuel System
fungsi
komponen
Mesin
Mobil
Otomotif
Pedal Gas
tank
Video
Komponen, Fungsi, dan Cara Kerja Pedal Gas pada Kendaraan
Jumat, 12 Juli 2013
Komponen, Fungsi, dan Cara Kerja Pedal Gas pada Kendaraan
Demikianlah postingan Komponen, Fungsi, dan Cara Kerja Pedal Gas pada Kendaraan terbaru kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat otomotif dan pencinta otomotif. Dan terimakasih untuk sahabat otomotif yang telah berkunjung lagi di sini. Silahkan cari postingan otomotif lainnya hanya di Aspal Otomotif. Jangan lupa bagikan juga postingannya di sosial media kalian, ya.
BAGIKAN POSTINGAN
REKOMENDASI OTOMOTIF
Disqus Comments