Jumat, 30 Agustus 2013

Komponen, Fungsi, dan Cara Kerja Diferensial (Differential)

- Aspal Otomotif - Selamat datang sahabat otomotif dan Aspal Otomotif! Kali ini Aspal Otomotif akan membagikan postingan otomotif terbaru lagi yang tidak kalah menarik dari postingan sebelumnya. Pada postingan kali ini dengan berjudul Komponen, Fungsi, dan Cara Kerja Diferensial (Differential), silahkan bagikan postingan ini jangan biarkan sahabat otomotif lain tidak tahu. Ayo langsung saja disimak baik-baik postingannya!

Diferensial (Differential) adalah salah satu komponen dari sistem pemindah daya pada mobil. Diferensial meneruskan daya yang dikeluarkan oleh mesin dari propeler shaft menuju axle shaft.

Roda kendaraan berputar pada kecepatan yang berbeda, terutama saat berbelok. Diferensial ini dirancang untuk memungkinkan kedua sisi roda dapat berputar pada kecepatan yang berbeda. Dalam kendaraan tanpa diferensial, seperti Karts, kedua roda penggerak dipaksa untuk berputar pada kecepatan yang sama, biasanya pada poros umum didorong oleh mekanisme rantai-drive sederhana. Saat menikung, roda bagian dalam perlu melakukan perjalanan jarak pendek dari roda bagian luar, hasilnya adalah roda dalam menyeret roda bagian luar, dan hasil ini dalam penanganan sulit dan tak terduga, kerusakan ban dan jalan, dan  mungkin kerusakan seluruh drivetrain.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai Differential